Resep Wajik Gula Merah

Cara Membuat Wajik Kletik Tepung Ketan Kumpulan Tips
Cara Membuat Wajik Kletik Tepung Ketan Kumpulan Tips from mudahsaja.my.id

Apa itu Wajik Gula Merah?

Wajik gula merah adalah salah satu makanan yang terkenal di Indonesia. Makanan ini adalah jenis kue yang terbuat dari beras ketan dan gula merah yang dicampur dengan santan. Wajik gula merah biasanya dimakan dengan berbagai jenis lauk seperti ayam, ikan, telur, dan lainnya, atau bisa juga disantap sendiri sebagai makanan ringan.

Bahan-bahan untuk Membuat Wajik Gula Merah

Untuk membuat wajik gula merah, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan: 400 gram beras ketan, sekitar 2 liter santan, 1 kilogram gula merah, daun pandan, dan minyak goreng. Anda juga bisa menambahkan bawang goreng atau parutan kelapa untuk memberi cita rasa lebih.

Cara Membuat Wajik Gula Merah

Untuk membuat wajik gula merah, pertama-tama anda harus menyiram beras dengan air selama kurang lebih 1 jam. Setelah beras sudah cukup lembab, anda harus mencuci beras dengan air selama beberapa kali sampai airnya jernih. Lalu, anda harus menyaring beras yang telah dicuci dan kemudian rendam beras dengan air selama kurang lebih 4 jam.

Setelah itu, anda harus memeras santan dan kemudian masak santan dengan gula merah hingga mendidih. Setelah mendidih, anda harus menambahkan daun pandan dan minyak goreng. Lalu, anda harus masak santan dengan gula merah hingga mengental.

Kemudian, anda harus menggoreng beras ketan yang telah dicuci tadi dalam minyak goreng secara perlahan. Tujuannya adalah untuk mengeringkan beras ketan dan membuatnya lebih empuk. Setelah beras ketan sudah empuk dan kering, anda harus mencampur dengan santan yang telah dicampur dengan gula merah tadi.

Setelah itu, anda harus memasukkan campuran beras ketan dan santan ke dalam cetakan dan kemudian memasukkan cetakan ke dalam oven. Anda harus memanggangnya dengan suhu 150 derajat celcius hingga beras ketan dan santan terlihat matang dan gula merah sudah meleleh.

Setelah wajik gula merah matang, anda harus mengeluarkannya dari cetakan dan menyimpan di dalam wadah kedap udara. Anda bisa memakannya langsung atau menyimpannya di dalam lemari es agar tetap awet.

Manfaat Wajik Gula Merah

Mengonsumsi wajik gula merah juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Wajik gula merah kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Makanan ini juga mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi sumber energi alami bagi tubuh. Selain itu, makanan ini juga kaya akan serat, yang dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya.

Kesimpulan

Wajik gula merah adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Makanan ini terbuat dari beras ketan, gula merah, santan, daun pandan, dan minyak goreng. Selain itu, makanan ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan energi tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Empire State Building: Erected in Record Time

Batman Begins (2005)

Finger-application Hacks: Mastering Estrogen Cream for Elevated Results!