Resep Singkong Gula Merah Tanpa Santan

Resep Singkong Gula Merah oleh Yunni Bunda Couple A Cookpad
Resep Singkong Gula Merah oleh Yunni Bunda Couple A Cookpad from cookpad.com

Singkong gula merah ataukah sering disebut juga dengan ketupat gula merah, merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis dengan tekstur lembut yang disukai oleh banyak orang. Dibuat dari singkong yang dicampur dengan gula merah dan diberi beberapa bahan tambahan, sehingga membuatnya menjadi lebih nikmat. Biasanya, singkong gula merah diolah dengan memanfaatkan santan sebagai bahan pengental. Namun, kali ini kita akan membuat singkong gula merah tanpa santan.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat singkong gula merah tanpa santan, kita membutuhkan beberapa bahan, antara lain:

  • 1 kg singkong, kupas dan parut
  • 500 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 3 lembar daun pandan, iris halus
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Singkong Gula Merah Tanpa Santan

Untuk membuat singkong gula merah tanpa santan, kita perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Rendam singkong parut dengan air asam selama 15 menit agar tidak berubah warna.
  2. Tiriskan singkong parut tersebut, lalu masukkan ke dalam panci. Masukkan gula merah, air, dan daun pandan ke dalam panci. Masaklah dengan api sedang, aduk-aduk hingga gula merah larut dan menjadi kental
  3. Kemudian, tuangkan tepung beras dan garam ke dalam panci, aduk-aduk hingga rata. Aduklah terus hingga air kental dan berkurang, lalu angkat dan dinginkan.
  4. Setelah itu, bentuklah adonan menjadi bentuk bulat-bulat kecil seperti kacang mete. Setelah itu, anda dapat menggunakan pisau untuk membuat lubang di tengah-tengahnya.
  5. Terakhir, anda dapat memasukkan singkong gula merah tanpa santan kedalam air mendidih. Rebuslah hingga mengapung, angkat dan dinginkan. Anda pun selesai membuat singkong gula merah tanpa santan.

Kesimpulan

Singkong gula merah tanpa santan adalah salah satu jenis kue tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Membuatnya pun tidaklah sulit, anda hanya perlu menggunakan beberapa bahan makanan dan melalui beberapa tahapan pembuatan. Dengan membuat singkong gula merah tanpa santan sendiri, anda dapat menikmati sensasi rasa manis yang lezat secara alami. Jadi, jangan ragu untuk membuatnya sendiri di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

Empire State Building: Erected in Record Time

Batman Begins (2005)

Finger-application Hacks: Mastering Estrogen Cream for Elevated Results!